Pelestarian Ekosistem Sungai Desa Pucaksari

I Gede Gunawan 14 Januari 2022 11:23:45 WITA

Dinas ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Buleleng Bersama Pemerintah Desa Pucaksari menebar 20.000 bibit ikan di Sungai Pura Yeh sakti yang berlokasi di Banjar Dinas Beteng yang  Tembusan airnya menuju ke Tukad Yeh leh. Senin (14/01/2022)

Pada kegiatan tersebut ikan nila yang ditebar  besarannya sangat beragam, mulai yang kecil berukuran satu jari hingga tiga jari.  Dengan ditebar di sungai diharapkan akan lebih cepat besar dan berkembang biak karena di sungai banyak makanan walaupun tidak diberi pakan secara khusus.

Dulu banyak penangkapan ikan dengan cara diobat kemudian di setrum sehingga lambat laun ikan mati dan habis. Sekarang pencarian ikan dengan cara tersebut sudah tidak ada, karena masyarakat semakin sadar,  namun ikan di sungai sudah terlanjur habis.

Penebaran benih ikan ini diharapkan dapat membantu kelestarian ekosistem air, khususnya di sungai yang berada di Wilayah Desa Pucaksari kelak ikan bermanfaat bagi masyarakat. Masyarakat boleh mencari dan menyalurkan hobi memancing ikan , tapi jangan dengan cara yang salah sehingga  mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada. Jangan dengan menyetrum atau memberi obat-obatan karena dapat merusak ekosistem.

Pemerintah Desa Pucaksari berharap melalui kegiatan ini kelestarian sungai dapat dijaga dan ke depannya bisa menjadi potensi wisata baru

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pucaksari

tampilkan dalam peta lebih besar